Katy Perry, Cardi B, dan Justin Bieber telah memberikan janji mereka untuk memperkerjakan lebih banyak produser perempuan sebagai bagian dari insiatif baru dari Recording Academy untuk mengakomodir wacana tentang inklusivitas.

Bukan hanya tiga nama ini, karena barisan superstar lain, seperti Lady Gaga, John Legend, Shawn Mendes, Nicki Minaj, Pink, Post Malone, Carrie Underwood, Keith Urban, juga mendeklarasikan komitmen mereka untuk setidaknya mengajak dua orang perempuan dalam divisi produser atau sound engineer untuk album atau lagu mereka.

Inisiatif baru dari Academy ini, yang mengorganisir Grammy Awards, bertujuan untuk meningkatkan jumlah staf produksi dari kalangan perempuan. Berdasarkan studi di tahun 2018, hanya 2% produser musik dan 3% sound engineer atau mixer di industri musik pop adalah perempuan.

Dalam pernyataanya, Katy, yang mengajak seorang engineer perempuan mengelola studi miliknya, mengungkap jika ia merasa “sangat beruntung” bisa bekerja sama dengan sosok perempuan penuh kuasa dan mendorong artis lain untuk mengikuti jejaknya.